Ini Bahaya Mengkonsumsi Nasi Goreng yang Disajikan Bersamaan dengan Timun

nasi goreng timun

TIPSTREN.com — Mungkin Anda sering memakan makanan yang satu ini. Ya, makanan ini menjadi makanan favorit masyarakat di Indonesia.

Makanan ini dinamakan nasi goreng. Makanan ini disajikan dengan nasi yang sudah di goreng sebelumnya dengan beberapa bumbu masakan. Biasanya, nasi goreng disajikan dengan telur goreng, tomat, hingga timun.

Namun tahukan Anda jika mengkonsumsi nasi goreng yang disajikan bersamaan dengan timun berbahaya untuk kesehatan?

Melansir dari laman Science Daily, peneliti di University of the Basque Country mengatakan jika menggoreng nasi goreng dengan minyak yang sudah pernah dipakai menimbulkan munculnya zat aldehida pada makanan tersebut.

Zat tersebut merupakan senyawa yang cukup beracun. Bisa ditemukan pada minyak yang sudah pernah dipakai atau minyak berkualitas rendah.

Maka jika seseorang mengonsumsi makanan yang dimasak dengan minyak seperti ini dan mengonsumsi timun setelahnya, akan terjadi proses kimiawi yang menyebabkan radang pada tenggorokan.

Radang tersebut akan muncul karena getah timun yang memiliki senyawa kimia akan bercampur dengan senyawa aldehid. Jadinya tenggorokan menjadi tercemar dan tidak sehat.

Parahnya lagi, zat aldehid merupakan pemicu munculnya penyakitneurodegenerative dan beberapa jenis kanker dan penyakit lain yang berhubungan dengan saraf.

Namun tidak hanya nasi goreng, mengonsumsi timun dengan makanan lain yang digorengan denga minyak mengandung zat aldehida risikonya sama.

Meski demikian, Anda tidak perlu khawatir dengan hal tersebut. Moms bisa mengakalinya dengan cara sehat. Pastikan nasi goreng atau gorengan lain digoreng dengan minyak sehat dan higienis.

Hindari pemakaian minyak bekas, minyak dari biji bunga matahari, dan juga minyak goreng curah yang kandungan lemak jenuhnya tinggi.

(hal/tipstren)

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *