Inilah Manfaat Minum Kopi Dicampur Dengan Mentega

Kopi dan Mentega
Kopi dan Mentega

TIPSTREN.com – Bagaimana rasanya bila kopi dicampur dengan mentega? hmm mungkin anda baru mendengarnya. Ternyata kopi yang dicampur dengan mentega bisa membantu menurunkan berat badan lho! Mengapa demikian? karena ternyata mentega yang dikenal dengan sumber lemak yang biasanya justru dihindari saat sedang diet.

Kopi ini dicampur lemak yang kini tengah populer di Amerika terutama di media sosial. Kopi ini dinamakan Bulletproof Coffee. Kalangan pengguna media sosial di Amerika kopi ini juga banyak disebut #bulletproofcoffee yang konsumsi kopi lemak ini ternyata sudah mencapai ratusan ribu dengan memakai hastag tersebut.

Namun, menurut PopSugar, sebenarnya Bulletproof Coffee adalah sebuah jenama kopi. Produksi kopinya dibuat mengandung lemak di dalamnya.

Lalu, apa kelebihan dari Bulletproof Coffee ini sehingga siapa saja yang mengkonsumsinya bisa menurunkan berat badan?

Bulletproof Coffee ternyata kopi yang dibuat berlemak. Kandungan lemak yang terdapat di dalamnya didapatkan dari minyak kelapa atau mentega.

Mentega yang dipakai pun bukan sembarangan. Mentega dibuat dari susu yang dihasilkan oleh sapi yang diberi makan rumput saja.

Meskipun baru saja dikenal, tetapi sebenarnya ramuan kopi berlemak telah dikenal dari zaman dahulu di daratan Etiopia. Pendiri bernama Dave Asprey sendiri menemukan racikan kopi Bulletproof pertama kali setelah melakukan perjalanan ke Tibet.

Di sana ia sempat mencicipi “yak teh mentega” yang memiliki konsep mirip dengan kopi mentega.

Lemak yang dipakai justru memiliki manfaat baik bagi tubuh. Manfaat sehat minuman kopi itu ada pada kandungan lemak sehatnya. Minyak MCT (medium chain triglyceride) ditambah asam lemak omega tiga di dalamnya menciptakan kombinasi gizi yang mengenyangkan sekaligus menurunkan berat badan.

MCT dimetabolisasi dengan cepat di hati, minyak itu kemudian digunakan sebagai bahan bakar sebelum disimpan sebagai lemak tubuh.

Asprey mengklaim bahwa ramuan ini dapat menurunkan berat badan hingga 45 kilogram tanpa berolahraga, serta membuat tubuh bugar dan pikiran lebih fokus.Ia juga membagikan resepnya.

Ia menggunakan 400-500 mililiter air kopi hitam, dua sendok makan (sekitar 80 gram) mentega tanpa garam, serta 30 gram minyak MCT (campuran minyak sawit dan kelapa).

Semuanya dicampur dengan hand blender yang telah dipanaskan, dikocok dengan kecepatan tinggi, atau menggunakan blender hingga muncul buih krim di atas kopi.

(hal/tipstren.com)

 

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *