Inilah 5 Hal yang Harus Dilakukan Jika Terjadi Insiden Teror Disekitar Kita

Ilustrasi Teroris
Ilustrasi Teroris

TIPSTREN.com – Serangan bom di Kampung Melayu membuat kita khawatir akan terjadinya serangan tersebut berlanjut. Insiden tersebut bahkan menewaskan belasan warga dan aparat kepolisian. Bahkan di sosial media tagar #PrayForJakarta membanjiri lini media sosial.

Insiden teror bisa saja terjadi dimana saja, bahkan serangan teror hampir dilakukan semuanya di tempat umum dan keramaian.

Dilansir bbc.com, Inilah 5 hal yang harus kita lakukan dan perhatikan jika kita sedang berada pada suasana teror untuk menyelamatkan diri.

1. Mencari Perlindungan

Bersembunyi
Bersembunyi

Jika kalian berada di situasi genting seperti ini bersembunyi bisa memberi perlindungan untuk kita jika terjebak di dalam ruangan.

Contohnya seperti bersembunyi dengan tiarap ke lantai, bersembunyi di belakang dinding, membalikkan meja sehingga membuat tempat perlindungan.

Hal seperti ini paling berguna jika terjadi serangan berupa tembakan dan serangan lainnya untuk menghindari serangan teror.

2. Hindari Alat Elektronik

Jauhi Handphone
Jauhi Handphone

Hal selanjutnya yang kalian bisa lakukan adalah kalian sebisa mungkin harus menjauhi sesuatu yang terbuat dari kaca seperti jendela atau cermin, dan juga peralatan elektronik.

Karena cermin dan elektronik bisa membuat kalian terluka bila terjadi serangan bom di sekitar anda.

3. Lihat Sekeliling dan Cari Pintu Darurat

Pintu Darurat
Pintu Darurat

Biasanya menurut Psikolog ketika terjadi suatu keadaan darurat otak manusia tidak langsung mencerna bom atau bahaya lainnya ketika terjadi ledakan bom.

Banyak insiden ledakan yang terjadi bahwa kita tidak menyadari bahwa disekeliling kita ada ancaman bom.

Ketika kalian sedang berada di dalam ruangan, pastikan kita tahu jalan keluar darurat. Sehingga, insting kita akan langsung menuju ke sana jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Karena dengan pintu darurat inilah kita bisa keluar dan mencari perlindungan.

4. Cepat Berlari

Cepat Berlari
Cepat Berlari

Saat terjadi situasi darurat, reaksi pertama yang harus kita lakukan adalah berlari sejauh mungkin dari tempat kejadian.

Seringkali, kita menunggu seseorang untuk bergerak duluan sebelum kemudian mengikutinya ketika terjadi suatu kejadian.

Jika terjadi suatu kejadian berbahaya, jika kita melihat orang lain bergerak mencari bantuan, kita pun bisa mengikutinya dan segera pergi dari tempat kejadian atau mencari perlindungan.

5. Cari Aparat Kepolisian

Aparat Kepolisian
Aparat Kepolisian

Yang terakhir jika terjadi ancaman teroris kita harus cepat mencari aparat kepolisian yang ada di sekitar kita untuk meminta pertolongan.

Itulah tadi 5 hal yang harus dilakukan seseorang bila berada di suasana mencekam seperti teror untuk menyelamatkan diri.

(hal/tipstren)

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *