Inilah 4 Tips Yang Harus Diperhatikan Jika Ingin Memakai Jasa Agen Travel Untuk Berlibur

Tips Memilih Agen Travel
Tips Memilih Agen Travel

TIPSTREN.com – Traveling saat ini sudah menjadi tren baru masyarakat Indonesia. Menurut data dari World Tourism Organization (WTO), jumlah wisatawan Indonesia terus meningkat setiap tahunnya.

Banyak masyarakat Indonesia yang melakukan perjalanan ke luar negeri. Pada tahun 2016 wisatawan yang berpergian keluar negeri mengalami peningkatan dibanding tahun sebelumnya atau 6,3 juta orang.

Karena kenaikan wisatawan yang ingin berlibur ke luar negeri inilah membuat industri yang bergerak di bidang travel banyak bermunculan. Selain merasa dimudahkan dalam memilih agen travel. 

Saat ini para agen travel bisa langsung dipesan menggunakan aplikasi yang mempermudah pelanggan yang ingin berpergian ke luar negeri. Namun ternyata dengan maraknya agen travel saat ini Anda patut berhati-hati dalam menentukan pilihan agen travel mana yang ingin anda gunakan.

Agar terhindar dari hal yang tak diinginkan saat memilih agen travel, pastikan Anda melakukan transaksi di agen travel tersebut yang memiliki ciri-ciri berikut ini:

1. Agen Travel Harus Transparansi Harga Tiket Setiap Maskapai

Pilihlah agen travel yang tidak menutupi informasi apa pun dari Anda, mengapa? karena hal tersebut merupakan ciri-ciri agen travel yang memiliki niat tidak baik. Informasi seperti harga tiket di setiap maskapai penerbangan. Saat ini, sudah banyak agen travel yang menyajikan informasi lengkap untuk konsumennya melalui internet. Dengan begitu, Anda bisa memilih sendiri jadwal dan maskapai penerbangan yang sesuai dengan kebutuhan, termasuk mencari harga terbaiknya.

Mengapa transparansi informasi sangat penting? Anda harus mengetahui detail penerbangan yang akan Anda gunakan. Hindari agen travel yang hanya melayani pemesanan melalui telepon karena Anda tak akan leluasa memilih penerbangan sendiri.

2. Menyediakan Banyak Pilihan Pembayaran

Carilah agen travel yang menyediakan beragam metode pembayaran untuk membuktikan bahwa agen travel tersebut ingin melayani konsumennya dengan maksimal. Agen travel yang baik memungkinkan Anda memilih metode pembayaran yang paling sesuai seperti transfer via ATM, internet banking, kartu kredit, hingga sejumlah mini market terdekat.

Agen travel yang terpercaya akan menggunakan nama perusahaan atau PT sebagai nama yang tercantum di rekeningnya pada setiap transaksinya. Anda harus hindari agen travel yang menggunakan nama perorangan karena Anda akan kesulitan meminta pertanggungjawaban jika terjadi masalah nantinya.

3. Pengubahan jadwal penerbangan dipermudah

Agen travel seharusnya menyiapkan segala solusi untuk membantu masalah yang mungkin dihadapi oleh konsumennya, salah satunya adalah urusan ubah jadwal penerbangan. Saat ini, mungkin Anda tidak berharap akan melakukan pengubahan pada jadwal penerbangan.

Namun, hal ini bisa saja terjadi di kemudian hari dengan alasan tertentu. Karenanya, sangat penting bagi Anda untuk memilih agen travel yang menyediakan layanan ini.

Untuk saat ini, satu-satunya agen travel yang menyediakan layanan pengubahan jadwal dengan mudah dan cepat adalah Traveloka. Fitur yang ditawarkannya bisa sangat memudahkan karena Anda tak perlu membuang waktu dan biaya menelepon pihak maskapai untuk mengubah jadwal.

Cukup login di situs resminya atau menggunakan Traveloka App yang terpasang di handphone. Pilih e-tiket yang akan diubah jadwalnya dan ikuti instruksi yang ada.

Dengan fitur ini, Anda bisa melakukan sejumlah jenis pengubahan jadwal. Misalnya, mengubah jadwal terbang milik satu orang di antara tiket rombongan yang sudah Anda beli, atau mengubah tiket PP secara parsial, hanya tiket keberangkatan atau kepulangan saja yang diubah.

Perlu diingat, Anda juga harus mengetahui kebijakan masing-masing maskapai jika ingin melakukan pengubahan jadwal penerbangan ini.

4. E-tiket langsung dikirimkan ke email

Setelah menyelesaikan pembayaran, Anda tentu ingin segera memegang tiket pesawatnya, kan? Penyerahan tiket pesawat baik elektronik maupun fisik memang menjadi bukti bahwa agen travel yang Anda gunakan memang tidak menipu.

Inilah sebabnya, untuk menjamin kepercayaan konsumen, sejumlah agen travel langsung mengirimkan tiket pesawat ke email Anda begitu pembayaran diverifikasi.

Anda patut waspada jika agen travel tidak langsung mengirimkan atau memberikan tiket pesawat pada Anda. Sejumlah oknum bahkan memanfaatkan kurang telitinya konsumen dengan menjanjikan akan mengantarkan tiket pesawat menjelang jam keberangkatan.

Jadilah traveler cerdas dengan memilih agen travel yang tepat agar terhindar dari segala kerugian yang mungkin akan ditimbulkan nantinya.

(hal/tipstren.com)

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *