Inilah Jenis CV Paling Populer di Kalangan Para Pencari Kerja

CV Paling Populer
CV Paling Populer

TIPSTREN.com – Setiap hari para pemburu perkerjaan alias job hunting semakin berkembang. Tidak hanya bagus namun membuat CV harus juga kreatif agar lamaran kita bisa diterima oleh perusahaan.

Surat lamaran kini tak harus dikirim lewat pos, job fair yang mulai diadakan secara online, menjadi para pencari pekerjaan membuat jenis CV yang simpel namun tetap bagus.

Saat ini cara membuat CV tak serumit dulu lagi hanya dengan menggunakan template CV “standar” kini kamu sudah bisa menampilkan riwayat hidup dalam rupa teks.

Inilah 3 tiga jenis CV yang paling populer di kalangan para pencari kerja:

1. CV Formal

CV formal adalah CV dengan tampilan standar dan tanpa sentuhan kreasi apapun. CV jenis ini bisa dengan mudah dibuat dalam format dokumen, tanpa membutuhkan software desain khusus.

Walaupun terkesan kaku, namun CV formal memberikan kesan resmi dan profesional. Informasi yang tertulis juga tampak lebih jelas dan mudah dipahami.

Ternyata CV formal sangat direkomendasikan bagi pencari kerja yang ingin melamar ke suatu lembaga atau instansi resmi. Misalnya, instansi pemerintahan atau perusahaan BUMN. Bahkan, beberapa instansi pemerintahan sudah menyediakan template CV formal untuk dilengkapi oleh pelamar. Template tersebut digunakan untuk memastikan bahwa setiap informasi yang dibutuhkan oleh recruiter diisi oleh pelamar. Bagaimana apakah kamu ingin mencobanya?

2. CV Semi-formal

CV ini berbeda dari CV formal, tampilan CV semi-formal ini biasanya lebih bervariasi dan tidak terpaku pada template tertentu. Pelamar masih bisa menambahkan desain sederhana pada CV jenis ini.

Selama tidak terlalu mencolok, rapi, serta dikemas dengan menarik, sedikit kreasi pada CV tersebut tentunya tak akan membuat pelamar terkesan tidak profesional. Sebaliknya, desain minimalis pada CV justru bisa memberi nilai tambah bagi pelamar.

3. CV Kreatif

Mengikuti perkembangan di era serba simpel saat ini, kini berbagai perusahaan khususnya startup alias perusahaan rintisan lebih memberikan kebebasan kepada pelamar. Ketimbang “menjual” skill dan pengalaman mereka dengan cara konvensional, kini para pelamar bisa lebih banyak berkreasi dengan CV mereka. Salah satunya, dengan membuat CV kreatif.

CV kreatif umumnya mengandung banyak sentuhan desain yang unik dan menarik, tapi tidak terlalu berlebihan. Biasanya, CV ini dibuat menggunakan software khusus. Bagi pelamar di bidang desain, jenis CV ini amat dianjurkan sebagai sarana untuk memamerkan keahlian desain mereka.

Meski demikian, tentu saja informasi utama tentang latar belakang, pengalaman, serta keahlian si pelamar harus tetap tersampaikan dengan baik.

Sekalipun Anda tidak melamar untuk posisi di bidang desain, Anda tetap bisa kok membuat CV kreatif. Justru kreativitas yang tampak dalam CV Anda bisa menarik perhatian recruiter atau perusahaan membuat Anda tampak berbeda dari pelamar lainnya.

Cara membuat CV saat ini ternyata tak perlu piawai mengoperasikan software desain, karena sekarang sudah banyak situs web penyedia template CV gratis. Hanya dengan cara yang mudah dan praktis, Anda bisa langsung mendapatkan CV kreatif yang diinginkan.

Bagi anda yang akan melamar kerja ada baiknya cobalah 3 jenis CV yang ada di atas siapa tahu akan memudahkan anda cara membuat CV.

(hal/tipstren.com)

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *