3 Bagian Tubuh Ini Dilarang untuk Rutin Dibersihkan, Dampaknya Berbahaya

bagian tubuh

TIPSTREN.com — Tentunya membersihkan tubuh setiap saat sangat baik untuk merawat kesehatan tubuh itu sendiri. Agar membersihkan tubuh, setiap orang selalu membersihkannya pada saat mandi setiap hari.

Namun, tahukah kamu bahwa tidak semua bagian tubuh baik untuk dibersihkan loh. Ada beberapa dari bagian tubuh yang dilarang untuk dibersihkan secara rutin.

Bahkan efek dari selalu membersihkan bagian tubuh ini berdapak bahaya untuk kesehatan.

Apa saja bagian tubuh yang dilarang untuk dibersihkan setiap hari? Simak!

1. Telinga

Setiap orang pasti memiliki kotoran di dalam telinganya. Yang namanya kotoran pasti mengandung bakteri dan harus dibersihkan. Biasanya kita membersihkan lubang telinga menggunakan cotton buds. Ternyata, telinga kita tidak boleh dibersihkan terlalu sering!

Karena kalau kotoran di telinga hanya sedikit, kita malah bisa merasa gatal dan telinga juga mudah terinfeksi. Selain itu, penggunaan cotton buds juga bisa menyebabkan iritasi dan bisa membuat kotoran telinga semakin terdorong masuk.

2. Pusar

Pusar juga tidak boleh terlalu sering dibersihkan. Pusar memang salah satu pintu masuk menuju perut dan memiliki banyak kotoran. Namun, sering membersihkan pusar malah membuat kita mudah terkena infeksi.

Membersihkan pusar juga tidak boleh sembarangan, loh. Kita harus lebih berhati-hati saat membersihkan pusar. Itu karena kulit di sekitar pusar lebih tipis daripada kulit di bagian tubuh yang lain.

3. Rambut

Rambut adalah bagian tubuh yang pertama kali terkena sinar matahari karena rambut berada di atas kepala kita. Sinar matahari di siang hari bisa jadi membuat rambut kita berbau, apalagi kalau kita berkeringat.

Maka itu, rambut harus dibersihkan agar tidak kotor dan berbau. Namun begitu, kita tidak boleh terlalu sering keramas, ya. Rambut yang terlalu sering terkena sampo bisa menjadi kering dan bercabang. Kulit kepala kita juga bisa jadi kering dan memunculkan ketombe.

Itulah 3 bagian tubuh yang tidak boleh terlalu sering dibersihkan. Dibersihkan memang harus, tapi seperlunya saja.

(hal/tipstren)

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *