Kesalahan Ini Sering Dilakukan Saat Mengisi Daya Baterai Ponsel

charging ponsel

TIPSTREN.com — Saat ini sudah banyak teknologi yang semakin maju, dan hampir semua smartphone terbaru saat ini memiliki teknologi hardware yang canggih.

Jika sebelumnya mengisi daya ponsel dengan menggunakan kabel charger kini sudah ada teknologi untuk mengisi daya baterai dengan ditempel saja. Baterai sendiri merupakan salah satu poin di mana produsen mengalami stres jika sudah tidak berfungsi dengan baik.

Melansir dari laman Techviral.net, ada miliaran orang yang menggunakan perangkat Android dan semua orang berjuang dengan masa pakai baterai yang berkurang dengan cepat.

Selain itu, biasanya membutuhkan waktu lama untuk mengisi ulang. Bisanya Android membutuhkan waktu hingga 2 jam untuk pengisian penuh.

Namun, ada beberapa kesalahan pengisian baterai smartphone yang harus hindari. Hal tersebut merupakan salah satu faktor baterai ponselmu cepat habis.

Berikut ini penyebab dan cara untuk menghindari kesalahan dalam mengisi baterai smartphone:

1. Mengisi Baterai Semalaman

Ada banyak orang yang meninggalakan smartphonenya terpasang semalaman untuk pengisian baterai.

Hal ini seharusnya dihindari karena akan mempengaruhi daya tahan baterai sehingga membuat ponsel menjadi panas. Pastikan untuk menghentikan pengisian apabila sudah cukup terisi.

2. Aplikasi Baterai

Hindari aplikasi baterai yang membantu untuk melacak kinerja baterai ponsel. Hal ini sangat berguna karena kebanyakan dari aplikasi tersebut cenderung memberi tekanan besar pada baterai dan beberapa bahkan memasang iklan.

3. Jangan Abaikan Peringatan Baterai Lemah

Pengguna smartphone cenderung menggunakan smartphonenya sampai dimatikan karena baterai yang rendah. Biasanya peringatan baterai lemah selalu diabaikan.

Jika baterai dilepas secara keseluruhan akan melemahkan baterai lithium, maka dianjurkan untuk satu sampai dua kali dalam sebulan melepas baterai untuk melakukan kalibrasi baterai.

4. Jangan Charge Sampai 100%

Kebanyakan orang mengisi daya baterai mencapai 100% karena dianggap penuh dan akan awet. Ternyata pengisian 100% bukanlah pilihan yang baik karena baterai akan terlalu panas sehingga mempengaruhi umur baterai.

5. Gunakan Good Quality Charger

Jika baru saja kehilangan Charger, maka perlu ekstra hati-hati saat memilih charger yang tepat untuk ponsel. Kebanyakan menggunakan charger pengganti dan tanpa ragu memakai charger untuk ponsel lain. Hal ini harus dihindari karena akan memastikan ponsel tidak terlalu panas.

Untuk itu, ada lima kesalahan dan cara pengisian daya baterai smarthphone dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, pastikan menghindari kesalahan tersebut untuk memperbaiki umur baterai yang dimiliki.

(hal/tipstren)

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *