Ini Kandungan Pada Rokok yang Membuat Para Perokok Kecanduan untuk Merokok

Perokok

TIPSTREN.com — Nikotin memang bisa mempengaruhi dan mengubah fungsi otak dan tubuh kita. Nikotin membuat para perokok merasa relaks dan kemuadian merasa lebih energik dan bersemangat, atau sebaliknya. Efek ini dikenal dengan biphase effect.

Untuk itu, semakin sering para perokok merokok, akan semakin merasa ketagihan dan bertambah pula dosis yang akan kita gunakan. Perokok memiliki nikotin yang memasuki tubuh melalui paru-paru dan alveoli. Alveoli merupakan bagian paru-paru dimana terjadi pertukaran oksigen dengan karbon dioksida dalam proses pernapasan.

Ketika menghisap asap rokok, maka asap akan masuk ke dalam paru-paru, nikotin berpindah melalui alveoli ke dalam aliran darah, dan dalam 15 detik, diangkut ke seluruh tubuh dan otak.

Pada awalnya, nikotin menyebabkan tubuh melepaskan adrenalin. Adrenalin menyebabkan denyut jantung dan tekanan darah meningkat serta merangsang tubuh melepaskan insulin. Pelepasan insulin membuat tubuh mengira terdapat kelebihan glukosa dalam darah. Itu sebab perokok sering melaporkan terjadinya penurunan nafsu makan.

Asap rokok yang dihirup juga memiliki efek negatif pada tubuh: Karbon monoksida pada asap rokok berpotensi merusak paru-paru dan dinding arteri, sehingga meningkatkan potensi serangan jantung, stroke, dan pembekuan darah.

Pengaruh nikotin pada otak membuat nikotin bisa mengakibatkan kerusakan pada otak. Otak terdiri atas jutaan neuron atau sel yang mentransfer informasi ke seluruh sistem saraf. Antara dua neuron terdapat sinapsis, di mana informasi ditransmisikan. Neuron melepaskan zat kimia yang disebut neurotransmitter yang mengikat sel neuron lain sehingga membentu jalinan.

Di dalam otak, nikotin mengikatkan dirinya ke subset neuron yang biasanya mengikat asetilkolin neurotransmitter. Hal tersebut akhirnya menghalangi neuron mentransmisikan pesan-pesan yang berkaitan dengan gerakan otot dan tingkat energi.

(hal/tipstren)

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *