Enkripsi end-to-end di WhatsApp Ternyata Bisa Melindungi Chat Anda dari Sadapan, Bahkan Pihak Pemerintah dan WhatsApp Sekalipun!

Enkripsi WA

TIPSTREN.com — WhatsApp merupakan layanan pesan singkat yang tengah digandrungi saat ini. Tidak hanya anak muda, orang tua pun sudah memakai aplikasi pesan yang satu ini.

Namun, meskipun demikian masih tidak banyak yang tau beberapa fungsi penting yang ada di aplikasi pesan singkat ini. Salah satunya enkripsi end-to-end.

Melansir dari berbagai sumber, ternyata enkripsi end-to-end pada WhatsApp ini tidak semata dibuat saja melainkan bisa berguna untuk mengamankan data berkirim pesan pada penggunanya.

Enkripsi sendiri merupakan teknik memanipulasi data dengan kode yang bertujuan untuk melindungi data penting dan mencegah akses yang tidak diinginkan.

Untuk itu, kamu tidak perlu khawatir jika datamu akan disadap oleh pihak ketiga, misalnya oleh pemerintah atau bahkan pihak WhatsApp sekalipun.

WhatsApp mengadopsi sistem enkripsi anti sadap ini sejak kasus Apple diminta oleh FBI untuk membuka sistem privasi ponsel milik teroris di San Bernardino, California.

Pada kasus tersebut, Co-Founder WhatsApp, Jan Koum mengatakan bahwa ia mendukung Apple untuk mempertahankan perlindungan data penggunanya.

Selain itu, aplikasi pesan singkat WhatsApp juga menjadi target pengadilan AS untuk membuka privasi penggunanya.

Selain itu, end-to-end ini tidak hanya tersedia untuk mengamankan data chatting dua orang saja, tapi juga berlaku untuk voice call, voice note, group chat, dan layanan WhatsApp lainnya.

(hal/tipstren)

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *