5 Kesalahan Fatal Dalam Memilih Earphone Terbaik

Tahukah Anda bahwa selama ini kita salah dalam menggunakan earphone? Rupanya, ada beberapa kesalahan fatal dalam persepsi orang saat memilih, membeli, maupun menggunakan earphone ataupun alat audio lainnya.

Nah berikut ini, info dan tips penting dalam memilih earphone, headphone, maupun headset agar Anda setidaknya tidak pusing lagi dalam membedakan mana yang bagus dan mana yang buruk.

1. Ada Harga Ada Barang
Sepertinya untuk semua barang, nominal yang tinggi biasanya berbanding lurus dengan kualitas dan performanya. Itu juga berlaku dengan earphone. Harga yang tinggi sebenarnya hampir pasti memberikan material dan kualitas bahan terbaik. Akan tetapi belum tentu dengan kualitas suara.

Anda memang mengeluarkan dana yang besar untuk membayar material yang bagus, tapi bukan untuk kualitas suara yang dihasilkan.
Ada banyak kasus earphone mahal yang justru memiliki kualitas suara sama dengan earphone standar pada umumnya. Ada harga tinggi, ada kualitas bahan yang bagus.

2. Percuma Beli Earphone Mahal Jika Kualitas Musiknya Jelek
Buat apa Anda beli earphone dengan harga selangit, kalo musik yang didengarnya justru dalam kualitas yang jelek. Seperti kita ketahui bahwa format musik digital yang paling populer dan sering digunakan ialah mp3. Mp3 memberikan beragam variasi bitrate untuk mengatur seberapa bagus suara yang dihasilkan, berbanding lurus dengan ukuran file (lossy). Jika Anda punya earphone seharga jutaan rupiah namun mendengarkan mp3 dengan bitrate yang kecil, maka semua fitur keren yang dimiliki oleh earphone tersebut tidak ada gunanya.

3. Belilah Earphone Sesuai Kebutuhan dan Aktivitas
Earphone dan headphone hadir dalam beragam bentuk sesuai dengan aktivitas apa yang sedang dilakukan. Selalu ingat untuk menggunakan masing-masing perangkat dalam aktivitas yang pas. Anda gak mau kan kerepotan ketika olahraga ataupun sedang berkendara gara-gara salah dalam menggunakan earphone yang tepat.

Usahakan untuk tidak menggunakan headphone ketika olahraga karena akan sangat mengganggu, terutama ia dilengkapi dengan kabel yang panjang. panjang kabel juga patut untuk dipertimbangkan karena masing-masing kegiatan juga memiliki karakteristik yang berbeda-beda pula.

4. Headphone dengan Noice-Cancelling Tidak Selalu Bagus
Dari namanya sih bagus ya, tapi noice-cancelling terkenal karena dapat menurunkan kualitas audio dan menghilangkan beberapa detil dari lagu. Selain itu, fiturnya yang dapat menghilangkan suara sekitar akan sangat berbahaya jika digunakan saat berkendara karena akan menurunkan tingkat waspada dan reflek.

5. Tertipu dengan Produk Abal-Abal
Jangan salah, harga yang tinggi di pasaran juga belum tentu menyajikan produk asli. Ada banyak sekali kasus yang muncul ketika seseorang membeli sebuah produk earphone dengan harga tinggi melalui toko online namun akhirnya mendapatkan produk palsu. Produk abal-abal tersebut biasanya mencatut merek-merek paling terkenal dengan kualitas packaging yang tidak kalah bagus dengan aslinya.

Produk yang acap kali diandalkan oleh oknum nakal untuk diduplikasi saat ini meliputi merek seperti Apple dan Beats Audio yang memang mudah untuk ditemui di pasaran dalam bentuk yang bermacam-macam, dengan tingkatan kualitas KW yang variatif.

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *