Ini Dampak Mematikan Meminum Air Tanpa Dimasak Terlebih Dahulu

minum air mentah

TIPSTREN.com — Saat ini, tren dengan meminum air tanpa dimasak terlebih dahulu sedang berkembang di kalangan masyarakat. Cara kepraktisannya menjadi pilihan banyak orang.

Tapi, tahukah Anda ternyata air mentah dapat menampung bakteri E.coli, berbagai virus, parasit, dan senyawa penyebab kanker.

Dr. Donald Hensrud, yang merupakan Direktur Healthy Living Program di Mayo Clinic mengatakan: “Tanpa pengolahan, ada risiko akut dan kronis yang menghantui,”.

“Banyak buktinya di dunia ini. Namun, kita menolak mengabaikannya hanya karena air minum  tanpa dimasak, lebih efisien,” ujarnya.

Menurut World Health Organization (WHO), meminum air mentah yang tidak dimasak terlebih dahulu dapat membuat air terkontaminasi dan menyebabkan setengah juta kematian akibat diare setiap tahunnya.

Air mentah bahkan didalamnya terdapat kotoran hewan, yang bisa menyebabkan muntah dan diare yang menyebabkan 4600 orang dirawat di rumah sakit per tahun.

Selain itu, Kolera dan hepatitis A yang menyebabkan 20 kematian di California pada 2017, juga disebabkan oleh air mentah.

(hal/tipstren)

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *