Wow! Amerika Serikat Merupakan Negara yang Masih Melestarikan Permainan Kelereng

Kelereng

TIPSTREN.com — Selama setahun sekali, pada saat bulan Juni, selama enam hari Wildwood berubah menjadi pasar malam. Anak-anak yang jago bermain kelereng, entah ia anak laki-laki maupun anak perempuan, berdatangan dari kota-kota kecil sekitarnya untuk memperebutkan kejuaraan kelereng di sana.

Jumlah yang ikut serta dalam lomba kelereng ini sampai dua ratus orang. Kalau biasanya anak-anak main kelereng di tanah, maka di sini disediakan delapan petak bujur sangkar yang bersih dan keras.

Petak tersebutlah anak-anak mulai mengadu keterampilan, sambil dikelilingi sanak keluarga yang senewen, pengiring dan pelatih. Juri-jurinya duduk di mimbar kayu.

Sebearnya para pengelola pertandingan berusaha supaya sifat pertandingan itu nasional, tetapi sudah bertahun-tahun pesertanya kebanyakan anak-anak dari sekitar Wildwood saja.

Jago-jagonya juga dari tempat yang secara tradisional memang menghasilkan jago-jago kelereng, seperti Maryland, Virginia Barat dan Pennsylvania. Memang ada juga satu dua yang berasal dari negara bagian yang jauh-jauh.

Jika di Indonesia kelereng kebanyakan dibuat dari gelas, maka di bagian-bagian dunia lain ada juga yang dibuat dari keramik, batu akik dan bahkan yang dari logam.

Kelereng untuk “menembak” kelereng lain kebanyakan dibuat dari batu akik. Besar maksimum yang diperbolehkan dalam turnamen ialah tiga perempat inci.

Kebanyakan kelereng akik dibuat di Jerman dan India. Harganya tidak murah. Pada musim pertandingan di Wildwood bisa mencapai 6,5 US Dollar (Rp84.500) perbutir.

(hal/tipstren)

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *