Bangun Gedung Bertingkat dengan Memakai Bahan Serba Kayu Menjadi Tren

gedung bertingkat dari kayu

TIPSTREN.com — Saat ini fenomena pembuatan gedung bertingkat dengan menggunakan bahan dari kayu sudah semakin meningkat. Saat ini sudah ada daftar 40 gedung kayu bertingkat yang sudah berdiri.

Awalnya, pembangunan gedung bertingkat dengan kayu ini sudah dijalankan sejak tahun 2009 lalu. Terakhir gedung yang dibuat oleh Sumitomo Forest Co.Ltd. Gedung tersebut memiliki konsep W350 yang kalau jadi berdiri muncul di tahun 2041, 23 tahun mendatang.

Apa kehebatan gedung bertingkat serba kayu dengan gedung biasa? Perlu diketahui karena menyatu dengan alam, tampak alamiah, citra akrab lingkungan atau greenery yang indah.

Satu hal lagi yaitu dapat mengantisipasi pemanasan dunia, atau secara tak langsung mengurangi pemanasan dunia terutama dari gas CO2.

Perpaduan kayunya pun beraneka ragam dengan struktur kayu yang kuat berat di bagian kerangka luar dan dalamnya bercampur sedikit dengan kayu yang ringan.

Selain proyek raksasa ini, menurut Nakajima, bukan tidak mungkin proyek lainnya juga dikembangkan di berbagai negara lain terkait pembangunan gedung yang mayoritas menggunakan kayu-kayu.

(hal/tipstren)

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *