Cara Membuat WiFi Android Beralih Secara Otomatis ke Jaringan yang Lebih Kuat

Sinyal WiFi memiliki jangkauan yang terbatas. Makanya jika Anda tinggal di sebuah rumah bertingkat atau bekerja di kantor yang ruangannya luas, Anda tentu butuh beberapa router atau repeat untuk memastikan cakupan WiFi tidak lemah. Sayangnya, penanganan transisi antar jaringan di Android cukup buruk.

Masalahnya adalah Android tidak akan memutuskan sambungan dari jaringan WiFi pertama hingga kekuatan sinyal menurun sampai ke nol. Jadi, smartphone Anda tidak akan beralih ke jaringan WiFi lain, meskipun ada WiFi yang lebih kuat dan lebih dekat dari jaringan yang terhubung saat ini.

Melihat permasalahan ini, developer Cloudie pun mencoba mengembangkan aplikasi untuk mengatasi masalah tersebut. Selain memungkinkan Anda mengatur jaringan WiFi, aplikasi ini juga bisa menjadi cara mempercepat koneksi WiFi di Android. Oh ya, Anda bahkan dapat mengatur kekuatan sinyal terendah sebelum akhirnya beralih ke jaringan pilihan Anda berikutnya.

Menariknya, semua pengaturan ini dapat dilakukan tanpa memerlukan akses root dan dapat bekerja di 2 jaringan, 4GHz dan 5GHz. Jadi, Anda akan selalu tetap terhubung ke jaringan WiFi terbaik yang tersedia, berikut ini caranya.

1. Install Wifi Switcher
Cara pertama adalah dengan men-download aplikasi Wifi Switcher. Pastikan pengembangnya adalah Cloudie Development. Karena jika Anda search di Google Play Store, ada beberapa aplikasi yang namanya sama. Tentu saja, jika smartphone Anda sudah menjalankan Android Marshmallow atau lebih tinggi, Anda harus memberikan Wifi Switcher izin untuk mengakses lokasi Anda pada saat pertama kali Anda buka. Dilansir dari WonderHowTo, ada bug di Marshmallow yang tidak akan memungkinkan aplikasi untuk memindai jaringan WiFi tanpa izin ini. Jadi, pastikan untuk tekan Allow saat diminta.

2. Mengatur Jaringan
Setelah izin diberikan, Anda akan langsung ke halaman utama berisi daftar WiFi yang ada di sekitar Anda. Jadi, pastikan Anda sudah koneksikan smartphone Anda ke semua jaringan WiFi yang tersedia di kantor. Jika Wifi Switcher tidak menampilkan daftar WiFi, cukup tarik ke bawah untuk melakukan refresh. Selanjutnya tinggal centang jaringan WiFi yang Anda pilih. Wifi Switcher akan memastikan bahwa perangkat hanya menghubungkan ke jaringan ditandai sebagai “Preferred” mulai dari sekarang.

3. Menetapkan Batas Kekuatan Sinyal
Setelah menandai jaringan WiFi, langkah terakhir dalam mempercepat koneksi internet WiFi adalah menetapkan batas kekuatan WiFi agar perangkat bisa berpindah dari satu router yang disukai atau repeater sebelum perangkat Anda terhubung ke WiFi yang lebih kuat. Caranya, tekan tombol titik tiga di sudut kanan atas, lalu buka menu Settings.
Selain itu, Anda juga bisa mengaktifkan pilihan Ask Before Switching untuk mendapatkan notifikasi ketika jaringan akan berpindah. Ada juga, Show Full SSID yang sangat membantu jika router WiFi memiliki nama yang sangat panjang.
Sumber: jalantikus.com

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *