Kapasitas Memory Internel Smartphone Yang Anda Butuhkan

Memori internal merupakan salah satu komponen penting dalam sebuah smartphone. Beberapa tahun lalu, biasanya smartphone memiliki memori internal berkapasitas 2 GB sampai 4 GB. Namun,seiring berkembang pesatnya teknologi smartphone, terutama fitur dan aplikasi, memori internal yang dibutuhkan pun semakin besar. Tapi Sebenarnya, Seberapa Besar Sih Memori Internal yang Anda Butuhkan Untuk Sebuah Smartphone?

Kebutuhan akan kapasitas memori internal yang besar saat ini menjadi perhatian bagi para produsen gadget, terutama smartphone. Saat ini, kebanyakan smartphone dibekali memori internal dengan kapasitas 16, 32, hingga 64 GB. Padahal di masa lalu, HardDisk berkapasitas 1 GB saja sudah dapat menjalankan program-program di komputer Windows. Tapi saat ini, sepertinya, untuk menyimpan foto-foto saja masih kurang. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini, tipstren akan membahas seberapa banyak kapasitas memori internal yang dibutuhkan smartphone Anda pada umumnya saat ini.

Baca juga: Oh Rupanya Kualitas Kamera Foto Pada Smartphone Ditentukan Oleh Ini, Bukan Hanya Megapiksel!

perlu diketahui bahwasanya, beberapa hal yang pada umumnya menghabiskan memori internal anda adalah sebagai berikut:
1.Foto dan Gambar
Saat ini, banyak smartphone flagship dibekali kemampuan kamera yang mantap. Kamera depan 5 MP, serta kamera belakang 16 MP. Resolusi kamera yang besar juga mempengaruhi ukuran file foto yang dihasilkan. Bisa sampai 7 MB per foto. Nah, Jika Anda rajin melakukan eksperimen fotografi dengan kamera smartphone Anda, atau Jika Anda itu banci selfie, maka sebaiknya Anda memilih HP dengan kapasitas memori internal yang besar. jika ada 1000 foto saja, sudah menghabiskan hampir 7 GB. Sebenarnya, Anda bisa saja menggunakan memori eksternal. Tapi, beberapa smartphone populer saat ini, seperti iPhone 6s atau Galaxy Note 5 justru tidak memiliki slot untuk Micro SD.

Selain itu, gambar-gambar yang terdapat di smartphone Anda bukan hanya berasal dari kamera. Melainkan dari berbagai aplikasi sosial media dan chatting, khususnya WhatsApp dan BBM. Grup WhatsApp merupakan salah satu media pengiriman gambar yang intensitasnya paling tinggi. Coba cek saja gambar-gambar yang dikirim via WhatsApp di smartphone Anda. Pasti jumlahnya ada puluhan atau ratusan, bahkan ribuan. Mulai dari gambar lucu, foto-foto selfie dan grufie, undangan pernikahan, serta berbagai foto dan gambar lainnya. Oleh krena itu, memori internal berkapasitas besar menjadi hal penting yang perlu Anda perhatikan ketika memilih smartphone.

Baca juga: Yihaa, Applikasi Ini Buat Nyaman Saat Menatap Layar Smartphone Dimalam Hari

2. Video
Selain gambar dan foto, video juga merupakan hal yang penting untuk disimpan. Jika Anda sering bikin film pendek, video cover lagu, atau sering download film lewat smartphone, maka Anda membutuhkan kapasitas memori internal yang besar. Aplikasi messaging seperti WhatsApp dan BBM juga ikut andil dalam memenuhi kapasitas memori internal Anda dengan berbagai video lucu, video renungan, cuplikan film, dan sebagainya. Ukuran file video juga bergantung pada kualitas gambar, resolusi, dan durasinya.

3. Musik
Apakah Anda adalah seseorang yang nggak bisa lepas dari musik? Pasti Anda menyimpan ratusan file MP3 dari album band atau penyanyi terkenal di smartphone Anda. File MP3 dengan tingkat kompresi 128 kbps biasanya memiliki ukuran file sebesar 3-5 MB. Tapi Jika Anda suka mendengarkan musik dengan kualitas tinggi, tentu ukuran filenya akan semakin besar. Oleh karena itu, Jika Anda merupakan seorang music junkie dan kolektor mp3, memori internal yang besar memang sangat Anda butuhkan.

4. Aplikasi dan Game
Berbagai aplikasi dan game selalu meng-update fitur-fiturnya hampir setiap saat. Pengembangan fitur ini tentunya juga disertai kebutuhan kapasitas memori internal yang semakin besar. Misalnya saja WhatsApp di tahun 2012 memiliki ukuran file hanya 6,61 MB. Sedangkan WhatsApp terbaru berukuran file 23,22 MB. Atau BBM for Android yang berukuran 12,67 MB saat pertama diluncurkan, dan versi terbarunya membengkak menjadi 21,99 MB.

Baca juga: Tips Cepat Mencharge Baterai Smartphone Agar Cepat Penuh

Game-game keluaran terbaru juga memiliki grafis tinggi dan halus. Untuk meng-install saja, Anda perlu men-download file berukuran 1-2 GB. Belum lagi file pelengkap dan update yang harus Anda download kemudian. Bisa sampai 3 GB hanya untuk sebuah game. Inilah alasan mengapa memiliki kapasitas memori internal yang tinggi menjadi kebutuhan Anda. Jika Anda seorang gamer sejati, pilihlah smartphone dengan kapasitas memori internal yang cukup besar.

Jadi, Berapa Besar Kapasitas Memori Internal Yang Anda Butuhkan?
Untuk menentukan seberapa besar kapasitas memori internal yang Anda butuhkan, coba Anda lihat dari beberapa poin di atas. Manakah yang menjadi keperluan utama Anda? Terutama jika Anda hendak membeli smartphone tanpa slot memori eksternal. Kapasitas memori internal sebesar 16 dan 32 GB sudah cukup optimal untuk memenuhi segala kebutuhan di atas. Tapi Jika Anda punya dana lebih, silakan aja pilih yang 64 GB. Pasti jadi lebih lega.

Tapi Jika ada pilihan smartphone dengan slot Micro SD, justru lebih bagus. File foto, video, dan musik sebenarnya bisa Anda simpan di memori eksternal. Hal ini akan jauh lebih praktis dan murah. Namun, jika Anda merupakan penggemar game dan sering meng-install aplikasi berat, memori internal dengan kapasitas besar tetap merupakan hal yang utama.

Itulah gambaran tentang seberapa besar memori internal yang Anda butuhkan dalam smartphone Anda.

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *