4 Cara Tepat Bersihkan Smartphone

Sudah banyak artikel yang menjelaskana tentang bagaimana cara membersihkan storage atau RAM suatu smartphone. Nah, pada kesempatan Kali ini Tipstren ingin memberikan Anda info mengenai cara aman membersihkan bagian luar smartphone dan tablet. Jangan salah kaprah, debu yang menempel di smartphone Anda bisa jadi sarang penyakit bagi smartphone dan bagi diri Anda sendiri lho!.

Pasti Anda tahu bagi sebagian besar smartphone dan tablet yang tidak memiliki sertifikat anti air, air adalah ide buruk untuk membersihkan. Mungkin Anda berpikir tidak masalah kalau tidak masuk ke bagian dalam handset Anda, tapi tanpa Anda tahu, bisa jadi air merembes melalui lubang speaker, lubang headset, ataupun lubang lainnya yang terbuka di device Anda. Hal ini tentu menjadi masalah besar, Anda yang awalnya mau membersihkan Hp, malah jadi merusak Hp. Lantas, bagaimana ya cara aman membersihkan smartphone dan tablet? Berikut adalah tipsnya.

Baca juga: Wah Ini 5 daftar Smartphone Yang Banyak Dapat Keluhan Konsumen

1. Bersihkan Layar Smartphone/Tablet
Layar adalah bagian ponsel yang paling sering Anda lihat dan pastinya Anda juga sadar bagaimana keadaan layar ponsel Anda entah itu kotor atau kinclong. Penting bagi Anda untuk membersihkan layar secara efektif. Untuk membersihkannya Anda bisa memakai kain microfiber. Tekstur kainnya yang lembut ini sangat bagus untuk layar ponsel yang sensitif.
Anda bisa menggunakan kain microfiber yang sudah dibasahi air sedikit saja dan kemudian menggosok layar smartphone Anda dengan cara memutar. Cara membersihkan layar lainnya sudah kami jelaskan secara rinci pada artikel 8 Cara Membuat Layar Smartphone yang Tergores Jadi Baru Lagi.

2. Bersihkan Badan Smartphone/Tablet
Untuk bagian badan, Anda bisa gunakan cotton buds atau tusuk gigi dengan kapas sehingga dapat menjangkau lubang speaker atau lubang headset pada smartphone/tablet. Hal ini memang agak memakan waktu namun penting digunakan untuk kelangsungan hidup device Anda sendiri.

Anda bisa menggunakan cotton buds kering untuk menghilangkan debu dari lubang di bodi smartphone/tablet. Hindari menggunakan pembersih rumah tangga atau semacam disinfektan dalam hal ini karena bahan kimia seperti itu bisa merusak device Anda. Anda bisa gunakan campuran air dan cuka atau alkohol sebagai ganti disinfektan untuk membersihkan bodi ponsel.

Baca juga: Yihaa, Applikasi Ini Buat Nyaman Saat Menatap Layar Smartphone Dimalam Hari

3. Tips Maintenance Smartphone/Tablet
Selain dua cara di atas, yang Anda harus lakukan adalah memelihara/maintenance device Anda agar tidak cepat rusak. Salah satunya dengan menjaga suhu smartphone/tablet milik Anda. Cara paling mudah adalah menjaga suhu smartphone atau gadget. Jangan sampai overheat.

Baca juga: Kapasitas Memory Internel Smartphone Yang Anda Butuhkan

4. Pakai Casing Smartphone/Tablet
Untuk menjaga device Anda tetap bersih, Anda bisa menggunakan casing untuk smartphone atau tablet Anda. Dengan begitu, yang kotor adalah casing-nya dan smartphone Anda tidak akan sekotor saat terpapar langsung dengan debu.

Tapi pastikan saat memakai casing, smartphone Anda tetap pada suhu standarnya. Jika sudah menunjukkan tanda-tanda overheat, segera lepaskan device Anda dari casing-nya supaya suhu panas bisa keluar dari casing.

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *