7 Solusi Pintar Betulkan HP Yang Sulit Di Charge

Kalau baterai hp Anda tidak terisi dengan sempurna, jangan berasumsi kalau charger hp atau baterai hp-nya yang rusak. Masalah dan solusinya mungkin lebih simpel dari yang Anda kira. Jika hp android atau tablet Anda tidak bisa di cas (charger) atau merasa lebih cepat boros dari biasanya, tips di bawah ini mungkin bisa jadi solusi charger hp Anda yang sering rusak. Inilah solusi membetulkan hp yang tidak bisa di cas (charge).

Baca juga: Yihaaa Baterai Android Lama Bisa Jadi Baru Lagi

Masalah Hp tidak bisa di cas (charge) bisa dari berbagai macam sumber dan berbagai macam bentuk. Mungkin hp Anda tidak bisa di-charge keseluruhan saat dihubungkan ke charger atau bisa di-charge tapi lambat. Hal ini merupakan masalah biasa yang ada dari banyak pengguna hp. Berikut ini kami akan sediakan beberapa solusi untuk hp yang tidak bisa di cas (di-charge).

Cara Memperbaiki Hp yang Tidak Bisa Dicas
1. Betulkan port USB sendiri
Cara tercepat, termudah, dan kebanyakan sukses adalah membetulkan sendiri hardware milikmu sendiri. Masalah yang sering muncul adalah bahan metal dalam port USB dan charger microUSB tidak terhubung dengan baik, entah karena kerusakan dari pabrik atau karena Anda terlalu sering colok dan cabut colokan dari kabel charger.

Yang Anda butuhkan adalah matikan hp Anda, copot baterai hp jika bisa, dan gunakan benda kecil seperti tusuk gigi untuk menaikkan tab kecil di dalam port USB di hp atau tablet Anda. INGAT! Lakukan dengan sangat hati-hati, kemudian masukkan baterai Anda dan coba charge hp kembali. Kebanyakan masalah hp tidak bisa di cas (charge) bisa diatasi dengan solusi ini.

Apakah Anda orang yang suka menaruh hp di kantong jeans atau kantong baju? Jika iya, mungkin kain tiras (kain sisa jahitan di jeans atau baju lainnya) menjadi masalah lainnya. Kain tiras bisa masuk ke port USB dan mengganggu jalannya proses charging menjadikan hp tidak bisa di cas (charge). Selain kain, remah-remah makanan juga bisa menjadi masalah hp tidak bisa di cas (charge). Bersihkan menggunakan cotton buds atau tusuk gigi dengan kapas.

Baca juga: Tips Cepat Mencharge Baterai Smartphone Agar Cepat Penuh

2. Tukar kabel charger dengan kabel charger Hp lain
Bagian terkecil dari charger adalah kabelnya, bukan adapter kabel yang dicolok ke socket. Jika hp tidak bisa di cas (charge) cobalah mengganti kabel charger Hp Anda sebelumnya dengan kabel charger hp lainnya yang sama. Jika memang bekerja dengan baik, itu artinya masalah ada di kabel charger milikmu. Jika masih tidak bisa di cas (charge), berarti masalahnya ada di sumber lainnya.
Jika kabel bukan masalahnya, coba cek plug adapter-nya, sama seperti kabel charger, coba ganti dengan adapter charger lainnya dan lihat apakah hal itu bekerja atau tidak. Selalu pastikan charger Anda cocok dengan hp Anda atau tidak. Karena charger yang tidak cocok meskipun bisa mengisi daya baterai Anda akan tetap menimbulkan masalah di lain harinya.

3. Keamanan nomor utama
Jangan charge hp Anda dekat air atau dalam keadaan panas. Juga, jangan sampai hp Anda di-chargeberlebihan seperti charging pada malam hari saat baterai Anda sebenarnya hanya membutuhkan dua atau tiga jam pengisian ulang. Hal ini bisa menjadi pemicu meledaknya hp atau charger Anda yang membawa Anda ke keadaan berbahaya bahkan kematian.

Jika Anda mengganti charger asli Anda dengan yang palsu maka berhati-hatilah dalam memakainya. Karena charger palsu dan murah lebih punya kemungkinan sewaktu-waktu meledak saat dipakai. Sudah banyak orang yang menjadi korban dari meledaknya charger saat sedang dipakai.

Baca juga: 4 Hal Yang Harus Dihindari Saat Mencharge

4. Ganti baterai Hp
Seperti yang kita ketahui, baterai tidak bertahan lama. Setelah beberapa tahun penggunaan, baterai pun menurun performanya. Semakin sering Anda mengisi daya baterai hp, semakin cepat baterai hp perlu diganti. Jika lifespan baterai Anda kurang dari 6 bulan maka Anda bisa mengklaim garansi baterai karena itu adalah kesalahan dari pabrik, namun jika lifespan baterai Anda lebih dari dua tahun, bisa jadi memang itu akhir dari daya tahan baterai Anda.

5. Beda charger, beda kemampuan charge-nya
Charging dari socket selalu lebih cepat daripada lewat PC atau laptop karena port USB komputer tidak mengirim power yang cukup banyak. Socket di dinding bisa mengirim dua kali lipat kekuatan listrik untuk men-charge hp Anda. Jika hp tidak bisa di cas (charge), pastikan charger yang Anda pakai apakah sudah cocok atau memang Anda memakai charge lain. Selalu gunakan charger asli untuk hp Anda.

6. Update software Hp
Untuk smartphone, pasti mendapatkan fitur software update. Update software terbaru pada Android bisa mengoptimasi jalannya OS pada Android Anda. Pada software terbaru biasanya perusahaan pembuat hp Anda menyematkan teknologi terbaru seperti Power Saving untuk ketahanan baterai hp Anda.

7. Kalibrasi baterai Hp
Dengan mengkalibrasi baterai Android, semua data-data dari hp yang tersimpan di “batterystats.bin” Anda akan terhapus dan membuatnya menjadi baterai baru. Dengan demikian, baterai Android Anda akan menjadi seperti baru dan lebih tahan lama dari sebelumnya.

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *