Inilah Kartu Ucapan Tahun Baru Terkecil di Dunia

kartu ucapan tahun baru terkecil

TIPSTREN.com — Kartu ucapan tahun baru umunya memiliki ukuran kartu pos. Namun, kartu ucapan dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) ini membuat kartu ucapan tahun baru 2018 hanya seukuran virus polio.

Ukuran kartu ucapan itu yakni hanya berukuran 25 mikrometer saja. Ukuran tersebut sama dengan virus polio yang merupakan virus terkecil. “Kami bertekad untuk terus berkontribusi dalam pengembangan ilmu pengetahuan,” imbuh Eni.

Tim Peneliti dari Laboratorium FIB Puslit Fisika LIPI menggunakan metode ukiran dalam membuat kartu ucapan ini. Material wafer silikon diukir dengan memanfaatkan energi dari tembakan ion galium.

Alat yang digunakan adalah Dual-Beam FIB. Alat ini merupakan satu-satunya yang ada di Indonesia. “Semua kalangan boleh memanfaatkan nya. Kita bisa riset bersama nanti,” kata Kepala Puslit Fisika LIPI Dr Rike Yudianti dalam keterangan yang sama.

Sementara itu, National Physical Laboratory (NPL) yang berada di Inggris sebelumnya telah membuat kartu ucapan natal terkecil di dunia. Ukuran kartu itu hanya 15×20 mikron atau lebih kecil dari rambut manusia. Ada pun ukuran 1 mikrometer sama dengan 1/1.000.000 meter.

(hal/tipstren)

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *