Ini 5 Tradisi yang Selalu Ada di Indonesia Saat Bulan Ramadhan

ngabuburit

TIPSTREN.com — Umat muslim yang ada di seluruh dunia saat ini tengah berbahagia kerena bertemu dengan bulan kemulian yaitu Ramadhan.

Selain negara-negara luar, negara Indonesia dengan jumlah muslim terbesar di dunia. Selain berpuasa dan menjalankan ibadah. Namun, bedanya di luar, masyarakat di tanah air juga punya tradisi unik yang hanya ada di Bulan Ramadhan.

Apa saja tradisi yang dilakukan masyarakat Indonesia pada bulan Ramadhan? Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini 5 tradisinya:

1. Berburu Takjil

Bulan Ramadhan memang ada yang kurang jika tak makan takjil. Kolak menjadi salah satu takjil favorit yang kerap dicari orang.

Tak heran jika di bulan puasa, banyak penjual kolak bertebaran di jalan-jalan. Untuk mereka yang tak sibuk, biasanya akan memasak sendiri dan dimakan bersama keluarga.

2. Bangunin Orang Sahur

Ini nih yang nggak ada di bulan lain. Yaps membangunkan orang sahur hanya ada selama Bulan Ramadhan.

Biasanya para pemuda akan berkeliling kampung sambil membawa bedug atau kentongan. Mereka membunyikan alat tersebut sambil membangunkan orang sahur.

Kata-kata yang paling umum diucapkan ialah “Sahur… sahur..” dengan nada yang mungkin sudah cukup lekat di telinga kita semua.

3. Ngabuburit

Selanjutnya adalah ngabuburit. Kegiatan satu ini juga hanya ada di Bulan Ramadhan. Yaitu menunggu waktu berbuka sambil melakukan hal-hal positif.

Biasanya waktu ngabuburit ini dilakukan sehabis ashar dan kebanyakan dimanfaatkan untuk mencari makanan takjil atau menu buka.

4. Buka Bersama

Buka bersama alias bubar atau buber memang sudah menjadi tradisi umat muslim Indonesia. Kegiatan ini biasanya dilakukan untuk menjalin silaturahmi sesama muslim bahkan juga sebagai ajang reuni.

Bisa juga dijadikan momen kumpul keluarga bagi mereka yang sibuk dengan pekerjaan. Kegiatan ini biasanya dilakukan di restoran atau tempat makan.

5. Mudik

Terakhir adalah mudik atau pulang ke kampung halaman. Biasanya dilakukan oleh mereka yang merantau dan tinggal jauh dari keluarga.

Ramadhan menjadi saat yang tepat untuk kembali bertemu dan berkumpul dengan orang-orang terkasih.

Biasanya mereka juga akan menghabiskan momen Idul Fitri di kampung halaman hingga masa cuti atau liburan habis.

(hal/tipstren)

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *